Clash Royale : Spin-off Clash of Clans dengan Konsep Permainan yang Berbeda


Kesuksesan game Clash of Clans membuat pengembangnya, Supercell, kembali membuat game serupa dengan nama Clash Royale. Bisa dibilang Clash Royale merupakan spin-off dari game Clash of Clans yang artinya mengambil tema atau karakter dari game Clash of Clans. Meski demikian konsep permainan yang ditampilkan Clash Royale berbeda dengan Clash of Clans. Meski sepintas mirip, Supercell menegaskan bahwa Clash Royale bukanlah kelanjutan dari Clash of Clans. Dua game ini dibuat oleh tim berbeda dan memiliki konsep berbeda.

User Interface

Clash Royale menggunakan tampilan dengan posisi portrait dan bukannya landscape sehingga pengguna lebih nyaman memainkannya tanpa repot memegang smartphone menggunakan dua tangan. Pada awal permainan, Anda akan disuguhkan panduan mengenai dasar-dasar cara memainkannya. Tampilan awal game memperlihatkan informasi mengenai resource kita seperti informasi kastil, gold, dan informasi lainnya. Namun yang berbeda dari game lain adalah kita tidak disuguhkan area yang luas seperti di permainan Clash of Clans tapi sebuah arena kecil yang merupakan tampilan medan perang yang ukurannya bisa dibilang mungil.

Fitur

Awal permainan, Anda akan dilatih untuk menuntaskan misi-misi sederhana dengan berbagai tantangan. Sebelum masuk ke permainanan utama, Anda mesti menuntaskan 10 misi dalam proses training tersebut.

Clash Royale memang menggunakan beberapa karakter yang sama dengan Clash of Clans, seperti knight, archer, bomber, musketeer, goblin, giant hingga sang archer queen. Masing-masing karakter ini memiliki keunggulan serta kelemahan berbeda. Perbedaan ini memungkinkan pemain untuk mengatur strategi serangan guna memaksimalkan kemampuannya.

Hampir sama dengan Clash of Clans, Clash Royale ternyata memiliki tiga genre seperti trading card game, tower defense, dan MOBA (Multiplayer Online Battle Arena). Yang mernbuatnya berbeda dengan Clash of Clans adalah pasukan di Clash Royale memiliki bentuk unik seperti kartu. Pengguna akan terlibat pertarungan sengit dengan mengumpulkan kartu karakter. Pemain harus mengumpulkan Battle Deck dengan berbagai strategi tertentu agar bisa memenangkan pertempuran dengan lawan.

Clash Royale terlihat lebih sederhana dibanding Clash of Clans yang menggunakan metode penyerangan serta tampilan animasi yang lebih kompleks. Meski demikian tingkat keseruannya tidak kalah menarik dan bisa membuat kecanduan bagi yang memainkannya.


Kinerja

Clash Royale bukan merupakan game yang butuh spesifikasi tinggi. Memiliki ukuran file sekitar 87 MB untuk platform Android, game ini juga mengharuskan menggunakan minimal sistem operasi Android 4.0 ke atas. Saat kami coba memainkannya menggunakan smartphone Lenovo A6010 yang menggunakan prosesor Snapdragon 410 serta RAM sebesar 2 GB, game ini berjalan cukup baik tanpa kendala.

Berbagai animasi maupun efek-efek sederhana nan lucu namun menarik, mampu ditampilkan dengan lancar. Proses loading-nya pun tidak lama sehingga tidak membuat pemain menunggu terlalu lama yang bisa membosankan.

Karena merupakan game yang dimainkan secara real-time, pastikan bahwa Anda memiliki koneksi internet stabil saat memainkan game ini guna menghindari putus koneksi. Hal ini pula yang membuatnya tidak bisa dipause saat pertarungan sudah dimulai. Koneksi internet juga memungkinkan untuk bertarung dengan pemain lain dari seluruh penjuru dunia. Selain itu koneksi internet juga dibutuhkan untuk mencatatkan nama pemain yang berhasil meraih nilai tertinggi di antara pemain lain.

Inovasi

Game berjenis tower defense bukanlah hal yang baru. Namun Clash Royale hadir dengan tampilan serta gameplay menarik. Apa yang dihadirkan Clash Royale merupakan versi lain yang lebih sederhana dibanding Clash of Clans yang sudah lebih dulu populer. Meski sederhana, gameplay yang dihadirkan tetap menarik dan mampu membuat pemain menjadi kecanduan. Apalagi game ini bisa dimainkan dengan pemain lain sehingga membuat permainan menjadi lebih kompetitif yang tentu saja menjadi lebih mengasyikkan dibanding hanya memainkannya sendiri.


Daya Saing

Meski secara garis besar memiliki tema yang mirip dengan game berjenis tower defense lainnya, Clash Royale menawarkan tampilan yang berbeda. Gameplay yang dipadu dengan tampilan menarik, membuatnya mampu bersaing dan diharapkan meraih kesuksesan seperti game Supercell sebelumnya, Clash of Clans.

(+) Gameplay seru, ragam pilihan karakter menarik, tidak butuh spesifikasi tinggi, berkompetisi dengan pemain lain.
(-) Butuh koneksi internet, tidak bisa di-pause.

Kesimpulan

Meski menggunakan konsep yang lebih sederhana dari sisi gameplay dibanding Clash of Clans, Clash Royale tidak kehilangan daya tariknya sebagai game berjenis tower defense yang bisa membuat Anda kecanduan memainkannya. Ditambah lagi dengan lawan yang dihadapi merupakan pemain dari berbagai belahan penjuru dunia sehingga membuat permainan menjadi lebih kompetitif, lebih mengasyikkan dan lebih seru.


Sumber : SINYAL Magazine

Disqus Comments